Kumpulan Tips Membeli Kendaraan Bekas Berkualitas

Memiliki kendaraan pastinya didamba-dambakan semua orang. Sebab, kendaraan ini akan memudahkan sarana transportasi nantinya. Namun, tidak semua orang beruntung untuk langsung membeli sebuah kendaraan baru. Sebab, harga yang ditawarkan pastilah lumayan besar. Untuk itulah pilihan jual beli kendaraan bekas semakin dilirik banyak orang. Seperti pembahasan kita kali ini tentang kumpulan tips membeli kendaraan bekas berkualitas.


1. Jenis Kendaraan
Tentu saja, hal pertama yang harus dipertimbangkan sebelum mebeli sebuah kendaraan bekas adalah jenis kendaraan yang diinginkan. Apakah membutuhkan mobil atau sepeda motor saja. Kedua jenis kendaraan ini memiliki fungsi dan kelemahannya masing-masing. Misalnya sepeda motor dengan harga yang lebih terjangkau namun tidak ramah akan cuaca. Sedangkan, jika memilih membeli mobil maka kita bisa mengendaraiannya di beragam jenis cuaca sekalipun. Namun, mungkin kita harus menyediakan budget lebih.

2. Tempat Pembelian
Tidak jauh berbeda dengan jenis kendaraan baru, membeli sepeda motor ataupun mobil bekas juga banyak yang menyediakan. Sebaiknya kita memilih salah satu tempat jual beli kendaraan bekas yang terpercaya untuk menghindari adanya indikasi penipuan. Bahkan, ada juga yang sekarang melakukan jual beli kendaraan bekas melalui media online.

3. Kelengkapan Surat dan Identitas
Walaupun kita tidak membeli produk baru, tapi tetap saja kita harus mencari tahu tentang surat dan identitas dari kendaraan tersebut. Cek lah jika ada kelengkapan yang masih kurang. Sebab, menerima semua kelengkapan dalam keadaan utuh merupakan hak dari pembeli, walaupun sudah berbentuk barang bekas pakai sekalipun.

4. Cek Mesin dan Bentuk Kendaraan
Biasanya, kendaraan bekas yang masih terlihat bagus serta terawat memiliki harga jual yang cukup tinggi. Hanya saja, jangan terkecoh dengan penampilan luarnya saja, kita juga perlu menguji mesin kendaraan tersebut. Apakah masih layak digunakan atau tidak.

5. Pembayaran
Ketahui juga bagaimana sistem pembayaran yang berlaku. Apakah harus dibayar langsung alias tunai atau bisa dengan sistem cicilan. Tanyakan berapa denda dan bunga yang diberlakukan jika hendak menggunakan sistem cicilan tersebut.

Dengan ini, seharusnya kita sudah bisa mendapatkan sebuah kendaraan bekas yang berkualitas.
Previous
Next Post »